Analisis Respon Publik Melalui Sosial Media Facebook terhadap Wacana Kenaikan Pajak Pasca Pilpres 2024 pada Media Pemberitaan
Keywords:
Respon Publik, Sosial Media, Facebook, Kenaikan PajakAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui analisis respon publik melalui sosial media Facebook terhadap wacana kenaikan pajak pada media pemberitaan. Metode yang digunakan adalah literatur review. Hasil penelitian ini yaitu Respon publik terhadap isu kenaikan pajak di media sosial Facebook terbagi menjadi tiga kategori utama: positif, negatif, dan netral. Mereka yang memberikan respon positif mendukung kebijakan ini sebagai sarana pembiayaan pembangunan dan peningkatan kualitas layanan publik. Sebaliknya, respon negatif berasal dari mereka yang merasa kebijakan ini membebani kelas menengah ke bawah, dengan meningkatnya biaya hidup dan ketidakpercayaan terhadap pengelolaan pajak. Respon netral cenderung berfokus pada kebutuhan akan informasi dan transparansi lebih lanjut. Pemahaman terhadap kebijakan ini dipengaruhi oleh faktor sosial-ekonomi, tingkat pendidikan, dan afiliasi politik, di mana kelas menengah atas lebih mendukung kebijakan ini, sementara kelas menengah ke bawah dan kelompok oposisi cenderung kritis.
References
Aminah, S., Al Raruq, M. R., & Asyfa, N. (2022). Media Digital dan Radikalisme Penekanan pada Bias Pemberitaan Media Mainstream. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 81-89.
Anita, A., & Harsyeno, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Respons Masyarakat Pengguna Layanan Informasi Direktorat Jenderal Pajak. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 117-128.
Al Mustaqim, D., Hakim, F. A., Atfalina, H., & Fatakh, A. (2024). Peran Media Sosial Sebagai Sarana Partisipasi Warganet Dalam Mewujudukan Keadilan dan Akuntabilitas Penegakan Hukum di Indonesia. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 53-66.
Aldiva, C. K., El Barca, H., & Ferdinand, J. (2024). Peran Media Massa Dalam Membentuk Opini Publik Dan Pengaruhnya Terhadap Politik Suatu Negara. Studi Kritis Hukum dan Masyarakat, 1(01).
Ardiansyah, A., AB, M. F. H., Soetikno, Y. J. W., SE, M., Paulus, Y. T., & Kom, S. (2023). Analisa Persepsi Kenaikan Ppn Dengan Metode Weighted Inverse Document Frequency Pada Media Sosial Twiter. Dipanegara Komputer Teknologi Informatika, 16(1), 32-40.
Faisol, M., & Norsain, N. (2023). Netnografi: Perspektif Netizen Terhadap Kenaikan Tarif PPN 11%. Jurnal Akademi Akuntansi, 6(2), 167-182.
Fauziah, N. (2024). Analisis Sentimen Publik Terhadap Kenaikan Tarif PPN di Indonesia dengan Pendekatan VADER. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 12(2), 228-238.
Hadi, M. F., & Suratnoaji, C. (2024). Opini Digital Isu Kenaikan PPN 11%. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 415-430.
Juleha, J., Yuniar, J., & Marsuki, N. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Dinamika Opini Publik dan Partisipasi Politik Era Digital. Concept: Journal Of Social Humanities And Education, 3(1), 38-45.
Kusnandi, W., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 1-13.
Kwan, M. C., & Sarjono, B. (2024). Dampak Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai Pada Perilaku Konsumen di Indonesia. Jurnal Adijaya Multidisplin, 2(03), 338-348.
Mahuli, J. I., & Tanjung, A. M. (2022). Respon Masyarakat Terhadap Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(2), 282-295.
Meiyasa, A. Z., Maharani, D. S., & Fitrie, R. A. (2024). Analisis Keputusan Pemerintah Mengenai Kebijakan Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai Sebesar 11 Persen. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(2), 14-14.
Prasetyo, D. (2023). Perilaku Ibu Menanggapi Pemberitaan Hoaks Dalam Facebook. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 3(1), 1-6.
Rabani, K. F., Shofie, M., Alfarizi, M. B., Fazri, M. H. H., Sutrisna, M., & Wardiyah, M. L. (2024). Analisis Statistik Pengaruh Kenaikan PPN Tahun 2025 Terhadap Harga Permintaan, Kondisi Pasar dan Sosial Ekonomi Indonesia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 3(2), 1315-1322.
Renanda, S. A. E., Putri, B. A., Kurniawan, F., & Azhar, F. (2024). DAMPAK KENAIKAN RASIO PAJAK BAGI INDUSTRI WISATA YANG TERDAPAT DI INDONESIA. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 3(7), 22-32.
Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Sawidodo, F. (2020). Media Referensi Berbasis Teknologi Facebook Bagi Wartawan Dalam Menyusun Berita. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 159-176.
Suhendra, S., & Pratiwi, F. S. (2024, October). Peran Komunikasi Digital dalam Pembentukan Opini Publik: Studi Kasus Media Sosial. In Iapa Proceedings Conference (pp. 293-315).
Syaipudin, L. (2020). Efektifitas Media Komunikasi di Tengah Pandemi: Respon Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung. Kalijaga Journal of Communication, 1(2), 165-178.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31-42.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.
Wabaluwu, L., Fitriyani, A., & Tuhuteru, A. (2022). MAKNA KHALAYAK FACEBOOK WAYAME PADA STATUS PEMBERITAAN HOAX DI MEDIA SOSIAL. JURNAL MEDIASI, 16(1), 1-10.
Yulenda, M., & Seputro, H. Y. (2024). ANALISIS KINERJA SISTEM PEMUNGUTAN DAN PENGAWASAN PENERIMAAN PAJAK HIBURAN DALAM ISU KENAIKAN TARIF PAJAK HIBURAN (STUDI KASUS: BAPENDA KAB. NGANJUK). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3).
Zalzabilla, Z., Chasana, R. R. B., & Kom, S. I. (2024). Strategi Respon Krisis Pemerintah Dan Kementerian Lembaga Terkait (Bapanas Dan Perum Bulog) Mengenai Kenaikan Harga Beras Tahun 2024 Pada Media Online (Analisis SCCT Pada Pemberitaan Media Online Kompas Dan CNBC Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).